Pages

Viral, Eta Terangkanlah

kalau kita mendengarkan kata "eta", tentu seketika kita berpikir itu bahasa sunda yang mengandung makna" itu" sebagai penunjuk arah. Misal," eta diditu " ( itu disitu ).

Fenomena 'eta terangkanlah', menurut sumber detik.com,  yang menjadi viral di media sosial sebenarnya berasal dari lagu penyanyi religi, Opick, yang berjudul 'Khusnul Khotimah'. Opick sendiri santai saat lagunya dibuat menjadi parodi.

Kata 'eta terangkanlah' pun sering dilihat di media sosial, baik hanya berupa tulisan maupun parodi orang yang sambil menari diiringi lagu tersebut.

Budayawan Sunda dari Universitas Pasundan menjelaskan soal fenomena itu. Secara harfiah, kata 'eta' berasal dari bahasa Sunda yang berarti 'itu'.

"Sebetulnya, kalau saya lihat di YouTube itu kan pelesetan dari lagu Opick, ada kata 'terangkanlah' kan di lagunya. Saya nggak tahu siapa yang melesetin kenapa jadi viral," kata budayawan Sunda, Hawe Setiawan, ketika dihubungi detikcom, Senin (7/8/2017).

Sementara itu, kata 'eta' secara harfiah berarti 'itu' atau kata petunjuk sesuatu. Ia mengatakan kata 'eta' di dalam kalimat 'eta terangkanlah' dianggap sebagai verbal intensifiers, yaitu semacam kata bantu penguat kata kerja di depannya sehingga tidak ada artinya. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan orang Sunda yang menambahkan kata bantu sebagai penguat kata kerja di depan kata.

"Namun dalam kesehariannya, kata 'eta' dapat dianggap sebagai penghantar penunjuk sesuatu. Di bahasa Sunda, ada sesekali verbal intensifiers, semacam penguat kata kerja. Misalnya, saya kasih contoh misalnya, 'diuk' artinya 'duduk', sebelum ada kata duduk biasanya ada awalan kata di depannnya, 'gek'. Jadi 'gek diuk'," kata Hawe.

"Contoh lainnya, kalau mau pakai kata 'berdiri' dalam bahasa Sunda disebut 'nangtung'. Sebelum ada kata 'nangtung', harus ada kata 'jung'. Jadi itu harus dihafal, itu kebiasaan di bahasa Sunda. Di penutur bahasa Sunda selalu dipakai tidak punya arti tapi punya fungsi," ucapnya.

Dengan begitu, dia menganalisis pembuat viral 'eta terangkanlah' merupakan seseorang yang berbicara bahasa Sunda. Sebab, dianalisis dari kebiasaan masyarakat Sunda yang biasanya menambahkan kata bantu untuk memperkuat kata depannya.

"Kata 'terangkanlah' sendiri bahasa Indonesia, kata 'terangkanlah' dari Opick, kata 'eta' dari bahasa Sunda. Hampir bisa dipastikan anak yang membuat viral video itu adalah anak yang lahir dari penutur Sunda," imbuhnya.

Lukmanul Hakim

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar