Pages

Belajar dari Pengalaman

Tentu kita masih ingat dengan sebuah kata mutiara Pengalaman adalah Guru yang Terbaik atau Experience is the Best Teacher. Sebuah kata yang bermakna kalau kita mau memahami dan memaknai kandungannya.

Pengalaman itu tentu berbeda-beda, ada pengalaman baik, ada juga yang buruk. Tinggal bagaimana kita menyikapinya. Pengalaman baik tentu akan memotivasi kita agar lebih baik lagi, sebaliknya pengalaman yang buruk justru sebagai pecut atau peringatan bagi kita untuk tidak mengulanginya kembali.

Ketika kita sekali terjatuh di satu lubang, maka janganlah kedua kalinya atau bahkan ketiga kalinya terjatuh di lubang yang sama. Cukuplah pengalaman yang pertama menjadi evaluasi diri.

Al Insanu mahalul khotho wa nisyan, Manusia itu tempatnya salah dan lupa. Sehingga wajar dari lika liku kehidupan yang sudah kita lewati, ada suatu peristiwa yang mungkin membuat kita malu pada Allah Sang pencipta alam Semesta ini. Namun, hal ini tentu menjadi peringatan buat kita agar selalu lebih baik lagi.

Lukmanul Hakim

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar